Minggu, 06 Mei 2012

Pendahuluan dan Sejarah Desa Situgadung

Latar Belakang
Pembangunan desa adalah program yang sudah ada sejak masa perjuangan Republik Indonesia. Semangat, inisiatif dan kekuatan masyarakatlah yang berhasil menghantarkan masyrakat ke dalam kemerdekaan. Kekuatan masyarakat dalam Negara kita yang menjadi kekuatan pokok dalam pelaksanaan mengurus dan membangun desa.
Perhatian pemerintah terhadap pembangunan masyarakat desa makin meningkat. Orientasi pemikiran terhadap desa makin berkembang. Pembangunan tidak akan terlaksana bila tidak disertai dengan partisipasi masyarakat. Pembangunan merupakan suatu proses berkala yang berkelanjutan dan dinamis, tidak hanya sebuah konsep statis.Kemajuan desa tergantung dari tingkat kesejahteraan desa. Salah satunya Desa Situgadung. Di Desa tersebut telah tersusun suatu jalinan kekeluargaan yang baik antara pemerintah setempat dan masyarakatnya. Dan telah tersusunnya rencana-rencana pembangunan desa untuk ke depannya menjadi desa yang lebih baik.

Sejarah Desa Situgadung
Dulunya, Desa Situgadung masih mempunyai hubungan erat dengan Desa Kadusirung.Sebelumnya Desa Situgadung dan Kadusirung masih satu wilayah dengan nama Desa Rancamalang. Desa Situgadung merupakan salah satu desa yang mengalami pemekaran di Kecamatan Pagedangan.
Akhirnya ditahun 1953 Desa Rancamalang dibagi menjadi dua wilayah yaitu Desa Situgadung dan Desa Kadusirung. Pertama kali berdirinya Desa Situgadung tahun 1953 dipimpin oleh lurah yang bernama Damin (1953-1961).

Awal mulanya Desa Situgadung masih merupakan hutan dengan pohon-pohon besar dan rindang serta banyak lahan persawahan. Akses jalannya untuk mencapai desa tersebut sangatlah sulit, karena dulunya jarang penduduk dan masih sepi. Kebanyakan dari penduduk bermata pencaharian sebagi petani, jadi tidak heran ada banyak lahan-lahan pertanian. Namun di tahun 90an, banyak sekali para imigran yang menduduki Desa Situgadung. Kebanyakan berasal dari daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dll. Walau banyaknya perbedaan budaya, tapi mereka bisa hidup tentram bersampingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar